>

Rabu, 31 Juli 2013

Pengertian Sistem Sofware

Sistem software adalah abstrak, tidak memiliki bentuk fisik. Software tidak dibatasi oleh material serta tunduk pada hukum-hukum fisika atau oleh proses-proses manufaktur. Pengembangan software serta pengelolaan proyek pengembangan software adalah sulit karena kenyataan-kenyataan sebagai berikut :
  1. kompleks, sehingga sulit untuk dipahami
  2. tidak tampak, maka pengukuran kualitas software agak sulit dilakukan dan sulit melacak kemajuan pengembangannya
  3. mudah berubah, karena mudah untuk dimodifikasi namun kita sulit sekali melihat terlebih dahulu konsekuensi dari perubahan-perubahan yang dilakukan.
Sistem Software merupakan sistem perangkat lunak komputer yang dirancang untuk mengoperasikan perangkat keras komputer dan untuk menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak.


Jenis yang paling dasar
sistemperangkat lunak adalah:


  1. BIOS komputer dan perangkat firmware , yang menyediakan fungsionalitas dasar untuk mengoperasikan dan mengendalikan perangkat keras yang terhubung ke atau dibangun ke dalam komputer.
  2. Sistem operasi (contoh menonjol yang Microsoft Windows, Mac OS X dan Linux), yang memungkinkan bagian-bagian dari komputer untuk bekerja sama dengan melakukan tugas-tugas seperti mentransfer data antara memori dan disk atau render keluaran ke perangkat layar. Ini juga menyediakan platform untuk menjalankan tingkat tinggi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
  3. Software utility, yang membantu untuk menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan memelihara komputer.

Pada beberapa publikasi, perangkat lunak sistem Istilah ini juga digunakan untuk menunjuk alat-alat pengembangan perangkat lunak (seperti compiler, linker, atau debugger)

Berbeda dengan perangkat lunak sistem, perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti membuat dokumen teks, bermain game, mendengarkan musik, atau surfing web disebut perangkat lunak aplikasi


Software komputer adalah produk yang dihasilkan melalui serangkaian aktivitas proses rekayasa atau pengembangan, yang menghasilkan aktivitas berupa :


  1. dokumen-dokumen yang menspesifikasikan program yang hendak dibangun
  2. program yang dieksekusi komputer
  3. dokumen yang menjelaskan program dan cara kerjanya program
  4. data berbentuk angka atau teks, yang berupa audio, video, gambar dan sebagainya.

Sistem perangkat lunak atau sistem software merupakan sistem intercommunicating antar komponen berdasarkan bagian perangkat lunak dan pembentukan suatu sistem komputer (kombinasi dari hardware dan software). sistem ini "terdiri dari beberapa program terpisah, file-file konfigurasi, yang digunakan untuk membuat program-program, dokumentasi sistem, yang menggambarkan struktur dari sistem, dan dokumentasi pengguna, yang menjelaskan bagaimana menggunakan sistem". Sedangkan 


Sementara program komputer adalah satu set instruksi (sumber, atau kode objek) sistem perangkat lunak memiliki banyak komponen yang lebih seperti spesifikasi, hasil tes, dokumentasi pengguna akhir, catatan pemeliharaan, dll

Sistem perangkat lunak merupakan sebuah sistem yang terdiri dari perangkat lunak komputer dan mungkin juga perlengkapan yang mengendalikannya. Sistem perangkat lunak adalah sebuah bidang penelitian yang aktif untuk kelompok-kelompok yang minat akan rekayasa perangkat lunak khususnya dan rekayasa sistem umumnya.

Penggunaan sistem perangkat lunak berdasarkan istilahnya dan waktu yang berkaitan dengan penerapan teori sistem pendekatan dalam konteks rekayasa perangkat lunak. Sebuah sistem perangkat lunak terdiri dari beberapa program komputer yang terpisah dan file konfigurasi terkait, dokumentasi, dll, yang beroperasi bersama-sama.

Konsep ini digunakan dalam penelitian perangkat lunak yang besar dan kompleks, karena berfokus pada komponen utama dari perangkat lunak dan interaksi mereka. Hal ini juga terkait dengan bidang arsitektur perangkat lunak.

Jenis-jenis sistem perangkat lunak yang utama termasuk:

  1. Perangkat lunak pemrograman / aplikasi
  2. Penggunaan Software 
  3. Penggunaan Sistem software 

dan Sejumlah contoh penggunaan sistem perangkat lunak adalah sebagai berikut :

  1. overlay
  2. browser
  3. Pembukti teorema
  4. prosesor kata
  5. sistem pakar
  6. Sistem manajemen konten
  7. Sistem manajemen database

1 komentar: