>

Senin, 25 Juni 2012

Pengertian ARP (Address Resolution Protocol)

ARP (Address Resolution Protocol) adalah protocol yang digunakan khususnya oleh IPv4. ARP digunakan untuk memetakan internet protocol alamat IP jaringan ke alamat hardware yang digunakan oleh protocol data link. Router dapat mengirimkan data melintasi jalur logic, yang terdiri dari bermacam data link (LAN/Network), dengan cara membaca dan memproses IP address pada paket. Paket-paket dikirimkan melintasi masing-masing data link dengan cara mengenkapsulasi paket kedalam frame,  yang menggunakan pengenal data link agar frame dapat dikirimkan dari sumber ke tujuan didalam link (network). Perangkat-perangkat dalam data link membutuhkan metode untuk menemukan pengenal data link  tetangganya agar frame yang akan di transmisikan dapat mencapai tujuan yang tepat. IP beroprasi pada lapisan jaringan dan tidak perduli dengan alamt link dari setiap node yang akan digunakan. ARP akan  digunakan untuk menterjemahkan antara dua jenis alamat. ARP klien dan server akan beroprasi pada semua computer yang menggunakan IP melalui Ethernet. Proses biasanya dilakukan sebagai bagian dari perangkat lunak driver bahwa drive dengan kartu jaringan.

Proxy ARP : disebut juga promiscuous ARP adalah metode agar router menjadikan dirinya sebagai host yang available.


Gratuitous ARP : adakalanya host mengirimkan ARP Request dengan address IPv4nya sendiri sebagai target. ARP request disebut juga gratuitous ARP dan memiliki beberapa kegunaan:
·         Gratuitous ARP dapat digunakan untuk mengecek duplikasi IP addres . Perangkat yang mengirimkan ARP Request dengan target IPv4nya sendiri dan menerima ARP Reply dari perangkat lain akan tahu bahwa IP Addressnya dipakai oleh perangkat lain.
·         Gratuitous ARP dapat digunakan untuk meng-advertise pengenal-data-link baru (ganti kartu jaringan, atau IP address di assign ke mesin lain). Keuntungannya adalah ketika perangkat menerima ARP Request untuk address IPv4 yang sudah ada pada ARP cache, maka cache akan diupdate dengan address hardware yang baru.
·         Sebuah router yang menjalankan Hot Standby Router Protocol (HSRP) yang baru saja digantikan router lain sebagai router aktif dalam sebuah subnet akan mengirimkan gratuitous ARP untuk mengupdate ARP caches pada semua host dalam subnet.


Reverse ARP : memetakan IPv4 ke address hardware. RARP dapat diprogram pada circuit perangkat tersebut, memungkinkan mereka untuk mengirimkan ARP Request berisi address hardware mereka. Jawaban dari server RARP akan berisi address IPv4 yang sesuai.








1 komentar: